Pidato Kenegaraan Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI 2023, Bupati Sampang Hadiri Paripurna Live Streaming Di Gedung DPR Sampang

Pidato Kenegaraan Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI 2023, Bupati Sampang Hadiri Paripurna Live Streaming Di Gedung DPR Sampang

SAMPANG, mediaappi.com — Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78, Rabu (16/08/2023) di ruang Paripurna DPRD Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB itu hanya dihadiri sebagian wakil rakyat. Dari 45 anggota dewan, hanya ada sekitar 11 anggota termasuk pimpinan DPRD Sampang yang hadir.

Sidang rapat paripurna di hadiri Bupati Sampang H Slamet Junaidi didampingi Wakil Bupati H Abdullah Hidayat, serta unsur pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda juga kepala OPD terlihat hadir.

Presiden akan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan RI dan dalam rangka HUT Ke-78 pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 yang dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraannya menyampaikan Indonesia saat ini punya peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045, meraih posisi jadi 5 besar kekuatan ekonomi dunia. Kita punya kesempatan dan tidak hanya peluangnya saja. Tapi strategi meraihnya sudah ada, sudah dirumuskan. Tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju atau justru membuang energi kita untuk hal-hal yang tidak produktif, yang memecah belah. Bahkan yang membuat kita melangkah mundur.

Bonus demografi akan mencapai puncak di Tahun 2030-an adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia Emas 2045. 68% adalah penduduk usia produktif. Di sinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita.

Selanjutnya, peluang besar yang kedua adalah internasional trust yang dimiliki Indonesia saat ini, yang dibangun bukan sekedar melalui gimik dan retorika semata. Melainkan melalui sebuah peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap.

Dengan international trust yang tinggi, kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati. Suara Indonesia akan lebih didengar, sehingga memudahkan kita dalam setiap bernegosiasi. Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar kita jika melewatkan kesempatan ini, karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu kita akan kembali memilikinya. Sehingga strategi pertama untuk memanfaatkan kesempatan ini adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia.

Yiz