Masyarakat Bersama Wako Tanjungbalai Laksanakan Sholat Idul Adha 1444 H

Masyarakat Bersama Wako Tanjungbalai Laksanakan Sholat Idul Adha 1444 H

Masyarakat Bersama Wako Tanjungbalai Laksanakan Sholat Idul Adha 1444 H

Tanjungbalai,Indonesia Monitoring.com

Media APPI

Masyarakat bersama walikota Tanjungbalai melaksanakan sholat Idul Adha 1444 H dengan Thema “Qurban Sebagai Perwujudan Taqwa”, di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Jalan Bakhtiar Khusa Kecamatan Tanjungbalai Selatan Kota Tanjungbalai, kamis (29/6)

Sebelum sholat dimulai Walikota Waris Tholib memberikan sambutan dan arahan dengan menyampaikan terima kasih dan cukup bangga karena partisipasi masyarakat dalam ke ikut sertaan memperingati Idul Adha dari tahun ke tahun terus meningkat.

Ia juga menyampaikan Pemerintah Kota Tanjungbalai senantiasa berupaya terus melakukan perbaikan untuk membangun kota Tanjungbalai bersama Masyarakat khususnya di bidang spiritual, hal ini sesuai dengan visi misi walikota dalam mewujudkan masyarakat kota Tanjungbalai yang berprestasi religius Sejahtera indah dan harmonis.

” Pada kesempatan yang baik dan mulia ini kami atas nama Pemerintah Kota Tanjungbalai mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1444 H, 2023 Masehi semoga spirit dan nilai-nilai positif pada peristiwa yang bersejarah dapat menjadikan diri kita lebih baik dan semakin bertaqwa di sisi Allah SWT”, ucapnya

Pantauan awak media sholat Idul Adha.144 H dihadiri lebih kurang 1000 orang terdiri dari Masyarakat dan OPD Kota Tanjungbalai

Selain Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib S. Ag MM juga hadir, Asisten II Ekbangsos Pemerintah Kota Tanjungbalai Susanto SE, Staff Ahli Bidang Ekonomi Pemko Tanjungbalai Ir Nefri Siregar, Ketua MUI Tanjungbalai Hajarul Aswadi S. Pd. I, Ketua Palang Merah Indonesia Kota Tanjungbalai H. Muhammad Khosasi, adapun sebagai Imam sholat idul adha Adi Putra Manurung S.sos dan sebagai Khotib Drs. H Samin Pane MH

H Samin Pane MH, dalam khotibnya menyampaikan, Idul Adha juga dikenal sebagai hari raya Qurban, yang mana kita diwajibkan untuk menyembelih hewan Qurban sebagai tanda kesetiaan kita kepada Allah SWT

Selain itu katanya, hari raya Idul Adha juga merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan kembali tentang makna Qurban itu sendiri, Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman bahwa tujuan dari Qurban adalah untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Ia juga menyampaikan dalam tausiyahnya, Qurban bukanlah sekadar menyembelih hewan semata, namun lebih dari itu, Qurban adalah pengorbanan yang tulus dari hati yang dilakukan dengan tujuan memperoleh ridha Allah SWT.

Sebagaimana yang kita ketahui, Qurban juga memiliki makna sosial yang sangat penting. Dalam pelaksanaannya, Qurban memperlihatkan bahwa kita tidak hanya memikirkan diri sendiri, namun juga peduli terhadap sesama yang membutuhkan. Hewan Qurban yang disembelih akan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan, terutama yang kurang mampu.

Masih dalam tausiyahnya, Kita sebagai umat Muslim seharusnya juga mengambil hikmah dari Qurban dalam kehidupan sehari-hari, Dalam kehidupan, kita juga perlu belajar untuk mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan umat dan negara.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Qurban juga memberikan nilai penting dalam membangun solidaritas dan kebersamaan. Qurban mengajarkan kita untuk saling berbagi, saling tolong-menolong, dan saling memperhatikan antara sesama.

“Ketika kau melakukan sesuatu maka tanyalah hatimu apakah perbuatan yang dilakukan apakah baik atau buruknya, semoga Kota Tanjungbalai ini selama dibawah pimpinan H Waris Tholib menjadi yang lebih baik”, katanya di akhir tausiyanya.

Sholat Idul Adha 1444 H, tahun 2023 diLapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai telah selesai dengan baik dan kondusif.(Yan)