Baru Sepekan Berjalan, Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Disambut Antusias Oleh Masyarakat Jalan Keramat

Baru Sepekan Berjalan, Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Disambut Antusias Oleh Masyarakat Jalan Keramat

Sampang, mediaappi.com – Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2023 yang dimulai bulan Mei 2023 sampai dengan saat ini tanggal 14 Juli 2023 mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat Sampang. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pembayaran pajak kendaraan di hampir semua wilayah Samsat di Jawa Timur dalam sepekan pertama program berjalan.

“Antusiasme warga sangat tinggi, sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah dalam mendorong upaya pemulihan ekonomi. Diharapkan melalui program ini beban masyarakat dapat berkurang dan mendorong peningkatan aktivitas ekonomi, sesuai dengan instruksi Pemprov Jatim,” ungkap AKP TUTUD YUDHO. P, SH.

Hal ini mengingat banyaknya masyarakat yang terlambat membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan memiliki kendaraan yang bukan atas namanya, sehingga dengan adanya program pemutihan ini denda pajak kendaraan atau bea balik nama kendaraan dibebaskan.

Lebih lanjut AKP TUTUD YUDHO mengatakan bahwa para petugas sudah memiliki pengalaman dalam mengatasi lonjakan penerimaan pajak. Dengan demikian tidak ada kendala, khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat karena didukung pula oleh inovasi-inovasi yang dilahirkan.

“Kalau soal data pendapatan sejauh ini ada peningkatan, tapi nanti detil hasil akhirnya setelah program ini berakhir pada akhir Agustus mendatang,” katanya.

Tren positif ini pun, menurut AKP TUTUD YUDHO bisa dimanfaatkan oleh para penjual kendaraan baru maupun kendaraan bekas. Mereka bisa membuat promo untuk menarik konsumen dengan bebas biaya balik nama disertai cicilan atau uang muka ringan.

“Penjual kendaraan bekas bisa memanfaatkan program pemutihan ini, dengan cara menyelenggarakan event tersendiri semacam expo. Pemerintah menyediakan pemutihan, pengusaha atau penjual kendaraan bekas memberikan insentif untuk konsumen berupa cicilan ringan dan DP murah,” lanjut AKP TUTUD YUDHO. P, SH.

Selama proses registrasi kendaraan, baik pajak tahunan, penelitian ulang, dan BBN 2 dst …. di Samsat Sampang, bertempat jalan Syamsul Arifin, masyarakat tidak perlu lagi harus repot utk menanyakan segala sesuatu terkait persyaratan dan kelengkapan. Ada seorang pemandu pelayanan yang selalu siap memberikan bantuan pelayanan ekstra ” TANYA SAYA” .

Terbukti selama program pemutihan berlangsung terhitung mulai bulan  Mei 2023 sampai dengan saat ini tanggal 14 Juli 2023, masyarakat benar-benar merasakan telah terbantu seperti yang dikutip oleh team Warta media masyarakat Herman Hidayat, SH dari jl. Kramat 1.

“Kami sampaikan banyak  terimakasih kepada Samsat Sampang yang sudah berikan layanan maksimal, utamanya *Pemandu* telah mengarahkan dan membantu proses pengisian kelengkapan dalam proses registrasi”, ucap Herman Hidayat, SH dari jl. Kramat 1.

Kapolres Sampang AKBP SISWANTORO Sik MH, melalui Kasat Lantas AKP TUTUD YUDHO. P, SH, Bahwa dalam rangka memberikan kepuasan masyarakat dalam proses her registrasi kami berupaya semaksimal mungkin dengan memberikan pelayanan prima, Pemandu pelayanan, Banner yang berisi Mekanisme pelayanan, biaya PNBP, alur loket pelayanan, Kotak saran, IKM, ruang tunggu, semua terintegrasi dalam system’ pelayanan, lebih lebih semua di dukung dalam system’ Eri (elektronik registrasi identifikasi).

Upaya dan usaha dalam memberikan pelayanan publik sesuai UU no. 25 tahun 2009 tentunya sebagai landasan dalam meraih kepuasan masyarakat di bidang pelayan. Kerjasama yang baik antar sektor dalam SAMSAT Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, antara Kepolisian, UPT Dipenda Provinsi dan JR diharapkan selalu bersinergi dalam upaya memberikan rasa aman, nyaman, dan puas di Kabupaten Sampang.

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor yang berlangsung selama dua bulan ini, memiliki banyak keuntungan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seperti :
1. Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Pembebasan Denda Pajak Kendaraan Bermotor diberikan kepada seluruh masyarakat Sampang yang terlambat melakukan Proses Pembayaran;

2. Bebas Bea Balik Nama II
Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ke-2 (BBNKB II) dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan proses Balik Nama Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan seterusnya di wilayah Provinsi Jawa Timur;

3. Bebas Tunggakan PKB Tahun ke-5
Pembebasan Tunggakan PKB tahun ke-5 diberikan kepada Wajib Pajak yang memiliki kewajiban tunggakan pajak lebih dari 5 tahun.

4. Diskon Pajak Kendaraan Bermotor
Pengurangan sebagian Pokok Pajak Kendaraan Bermotor, dengan ketentuan pembayaran sebagai berikut:
a. Pembayaran 0 (nol) sampai 30 (tiga puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 2% (dua persen);
b. Pembayaran 31 (tiga puluh satu) hari sampai dengan 60 (enam puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 4% (empat persen);
c. Pembayaran 61 (enam puluh) hari sampai dengan 90 (sembilan puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 6% (enam persen);
d. Pembayaran 91 (sembilan puluh) hari sampai dengan 120 (seratus dua puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 8% (delapan persen);
e. Pembayaran 121 (seratus dua puluh) hari sampai dengan 180 (seratus delapan puluh) hari sebelum jatuh tempo, pengurangan sebesar 10% (sepuluh persen).

5. Diskon BBNKB I
Pengurangan sebagian Pokok Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas penyerahan Pertama, sebesar 2,5% (dua koma lima persen).

Syarat dan Ketentuan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2023.

1. Berlaku bagi orang pribadi yang memiliki dan/atau yang menguasai Kendaraan Bermotor;
Badan, Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa;

2. Dikecualikan Pembebasan untuk pembayaran permohonan Kendaraan Ubah Bentuk, Ex-dump/Lelang yang belum terdaftar dan Ganti Mesin;

3. Periode Pembayaran mulai 14 Mei 2023 sampai dengan 31 Agustus 2022.

Yiz