Rekomendasi Maksimal Pansus, Butuh Durasi Waktu Maksimal

Ketua DPRD Agam, Dr. Novi Irwan, S.Pd, M.M.

Agam – Sumbar. Persatuanpewartapersindonesia.com|Pansus Pembahasan Pembangunan DPRD Agam Tahun Anggaran 2022, tertunda menerbitkan rekomendasi kerjanya hingga akhir tahun 2022 kemarin.

Catatan dan penilaian kinerja Pemda Agam TA.2022, yang terindikasi banyak temuan dalam penyelenggaran program fisik, masih melalui jalan panjang untuk beberapa bulan kedepan.

Alotnya pembahasan APBD Agam 2023, ditambah dengan pembahasan beberapa Perda, berakibat pada tertundanya kerja Pansus dalam melakukan finalisasi rekomendasi.

“Akhir tahun 2022 kemarin, DPRD Agam dibebani dengan banyaknya pekerjaan, yang membuat kami otomatis menyepakati untuk memperpanjang masa kerja pansus, semoga dalam waktu dekat ini hasil kerja Pansus sudah bisa difinalisasikan”, ungkap Ketua DPRD Agam, Dr. Novi Irwan, D.Pd. M.M. Kamis (12/1).

“Pansus diharapkan bisa menghasilkan rekomendasi yang maksimal dan terpadu, terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, serta proses pelaksanaan tendernya”, ujar Ketua DPD Partai Gerindra Kabupaten Agam ini.

Menurut Novi, kerja Pansus tidak terkait dengan tahun berjalan, masa kerja Pansus boleh dilaksanakan maksimal 1 tahun mulai dari tanggal ditetapkan.

Pada kondisi tertentu Pansus bisa dituntut bekerja cepat, seperti dalam pembuatan Peraturan Daerah yang kebutuhannya dianggap sangat mendesak.

Novi menjelaskan, bahwa LPJ Bupati Tahun Anggaran 2022 merupakan hal tersendiri, yang berada diluar rekomendasi Pansus, karena LPJ Bupati berkaitan dengan ranah pemeriksaan BPK, sebagai pihak yang berwenang untuk memberi catatan terhadap kinerja pemerintah dan capaian targetnya.

“Penyampaian LPJ Bupati TA.2022 yang akan disampaikan di awal tahun 2023 ini, tidak memberi hak dan kewenangan kepada DPRD untuk menerima atau menolak, DPRD hanya sebatas memberi saran dan catatan bagi Pemda terhadap capaian kinerja Bupati, termasuk yang tertuang dalam visi-misi Bupati”, pungkas Novi Irwan, yang aktif sebagai Pembina Yayasan Pendidikan Al-Azhar Bukittinggi. (K*)